Serabi vs Colenak …

Tiba-tiba bini gue lagi pengen banget makan serabi hari ini. Pun kalau nggak ada serabi, apa aja yang manis manis deh… ( lah gue..??? hehehe… ). Jadilah jalan jalan sore hunting serabi di daerah Bogor. Tapi gue bener-bener buta dimana musti nyari makanan itu. Mau gak mau jadi pake bantuan terakhir deh: phone a friend ..tepatnya sih nge-whatsapp..gak nelpon. si  @inadesthea yang di whatsapp ngasih info “ada tuh di Bogor Permai”. Meluncurlah gue ama bini kesana. Eeeeh tutup! Whatsapp lagi…yang dijawab “gue nanya temen dulu ya..” hiyaaah gubragh! ini mah namanya phone a friend friend…

Info dapet, katanya “di perempatan gang Aut, agak masuk dikit sebelah kiri”. Meluncurlah kesana. Parkir di pinggir Jalan Raya Suryakencana deket Gang Aut nya. Berhubung daerah gang aut itu cukup terkenal dengan koleksi kulinernya, maka gue agak sulit nyari nyari spanduk yang tulisannya “Serabinya disini woii..” . Akhirnya nanya lagi, Tukang parkir tampang preman yang lagi cengangas cengenges gue tanya “Bang, ada yang jual serabi gak disini?”, dia jawab “aya kang” sambil nganterin gue jalan, tah diditu belah kiri..” katanya sambil nunjuk pake jempol. Ternyata tampangnya aja serem, ngomongnya lemah lembut… hihihihi.

Kita ikutin arah yang ditunjuk abang parkir tadi, dan benar adanya. Dari turun parkir pinggir jalan tadi, ada alfa atau indomart gitu, masuk ke kiri. Kireciiil..nempel sama tembok bangunan dibelakangnya. Tulisan spanduknya ada kata kata serabi. Begitu masuk, kayaknya gue kembali ke jaman kolonial belanda… gimana nggak… yang jualan udah aki-aki, namanya pak Tohir … gue tau karena di temboknya ada guntingan koran kuliner yang ngebahas serabi nya, tertulis disitu: “Serabi Pak Tohir, bertahan selama 20 tahun…” (basi dong??!!!), peralatan dan mejanya bener2 tua juga, trus tembok yang nempel sama warungnya itu bener2 kayak bangunan jaman dulu ditambah suasana di lorong jalanan itu juga mendukung…. tapi yang kayak gini bikin gue seneng… karena gue suka kondisi jaman dulu. Tenang, adem, gak berisik. Itu yang gue rasain di warung pak Tohir selama nunggu bini mesen makanannya.

serabiTapi, karena serabinya tadi ngga ada yang anget, bini gue jadi banting setir ke makanan lainnya: Colenak. Tau nggak colenak? Di cocol enak. Eeh jangan ketawa… ini beneran. Itu makanan khasnya orang Sunda, tepatnya Bandung, terbuat dari tape (peuyeum) yang dibakar trus disiram saus dari parutan kelapa dan gula merah. Manis nya minta ampun…meski ada rasa tapenya.

“Dibungkus dua pak.” kata bini gue. “Berapa?”
”Dua, neng…”
”Harganyaaaaaaa….!”

hahahaha…. ngga gitu ding. Itu mah gue ngarang…

Harga colenak di pak Tohir Rp. 6000 per piece. Beli banyak ngga dapet diskon… loe kira glodok??

Niat beli serabi, malah bawa pulang colenak. *mikir: Padahal serabi juga kan dicocol cocol ya…. enak juga kok… tapi kenapa namanya serabi ya..??* hmm biarin aja deh… 🙂 

Pulang?

Ntar dulu. Sayang banget kalo sore sore di gang aut cuma mampir di satu warung…. bini gue dah dapet makanannya…sekarang gantiaaaan…..hehehe

Bahasnya jangan disini ya, gak enak sama pak Tohir… tuh udah diliatin….

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s