Soto Ayam Kampung Gang Aut

Keluar dari warung serabi Pak Tohir (baca ‘Serabi vs Colenak), menuju perempatan gang Aut pinggir jalan raya Suryakencana, Bogor, gue kembali celingak celinguk bingung mau ngemil apa. Yang keliatan di pandangan ada martabak bangka, bubur ayam mulai dari madura sampe cianjur, onde-onde, pastel, sate, bakso, soto ayam kampung… stop! Itu aja. Soto ayam kampung. Lagi pengen aja yang kuah kuah. Letak warung soto ini disebrang, persis di huk Gang Aut. Pasti keliatan kok dari perempatan. Ada spanduknya gede. Warungnya sih biasa, gak besar juga, satu meja, daya tampungnya cuma sekitar 6 orang. Bisa sih 8, kalo mau sikut-sikutan…

Pesen satu mangkok tapi nasinya dicampur. Jangan pake piring. Sensasinya beda deh. Coba aja. Sementara nunggu dibikin, ngemil sate hati ayam. Asin! Pengen kawin lagi kali ya mas nya…

Begitu terhidang, yang pertama gue sruput adalah kuahnya (addduh! malem malem ngomongin makanan jadi laper lagi nih!). Gurih. enakkk!! Gue langsung manggut-manggut. Kata bini gue “enak?” . Gue bilang cobain deh…tapi tunggu!!  ada rasa pedesnya dikit…tadi waktu nyeruput ngga berasa…ternyata berasa belakangan…alhasil bini gue gak jadi nyobain… gak bisa makan pedes. Langsung melilit perutnya kalo makan yang pedes-pedes. Saking sensitifnya itu perut kadang ketemu ibu-ibu yang ngomongnya pedes juga langsung melilit … kikikik… *gak deng*

Pedes sedikit di kuahnya kalah sensasi sama rasa gurihnya. Dan karena iseng mau nambahin sensasi rasanya, gue ambil sesendok kecil sambel cair di meja. Dikit. Karena gue juga gak demen pedes, cuma lagi iseng aja mau cobain sambelnya. Gak lama makan setelah dicampur sedikit sambel tadi gue mulai gelisah: Kepedesan!! Gila pedes banget sambelnya! padahal gue pake cuma sesendok kecil doang. Warna sambelnya juga merah .. gak terlihat galak…ternyata berasanya nggak langsung… widiiiih…. ngabisin sisa setengah mangkok rasanya berat banget… cuma kalo ngga diabisin sayang… mau gak mau terus makan tapi banyak gaya… mulai  ‘huh hah huh hah’, garuk garuk kepala,  sampe kumur2 pake air teh anget…kaga ilang juga pedesnya, langsung pesen teh botol pake es. Tapi esnya nggak ada! haaaah…..

Nggak tau tu sambel emang pedes atau memang gue nya yang gak suka pedes, yang pasti gue kepedesan! haduuh…. bagi yang gak suka pedes dan mau nyoba makan disitu, diharamkan untuk menyentuh sambelnya! ajegile… siapa sih yang bikin tuh sambel….kaga dicoba dulu apa ya rasanya….

Menyampingkan siksaan pedes gara gara sambel setan itu, rasa sebelum dipakein sambelnya menurut gue bener bener enak. Nanti kapan-kapan mau lagi mampir disitu, tapi bisa dipastikan gue gak akan nyentuh nyentuh tuh sambel….

Makan semangkok soto dicampur nasi, ditambah satu sate hati plus teh botol dingin cukup bayar 14 ribu. Rinciannya: Soto nasi campur 10 ribu, sate hati seribu, teh botol 3 ribu.

Mau coba?

Oh ya… gue gak sempet ambil foto.
Lagi konsen kepedesan!!!

Advertisements

One thought on “Soto Ayam Kampung Gang Aut

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s