Nyesel Beli Lumia!

image

Siap sangka rencana buat senang malah dapet segudang kecewa.
Alih2 mau utak atik smartphone dengan OS terbaru, yg ada malah buang-buang waktu karena smartphone yang sama sekali nggak smart dan ringkih ini harus bulak balik ke tempat service sampai akhirnya tukang service nyerah, dan terpaksa ilang sia sia deh duit 2,4 juta cuma buat beli barang trus jadi sampah. Sumpah kapok pake lumia dan memang baru pertama kali ini juga pake nokia. ternyata mmg gak boleh beli nokia.

Kenapa ni hp gw bilang ringkih?
bayangin aja, baru dibeli seminggu, tau2 abis d cas bodi nya panas, kaca display berembun, gak bisa dinyalain. Gw bawa ke nokia care center ternyata di dalem jeroannya terdapat sisa bercak air, dimana kondisi spt itu tidak dicover dalam garansi nokia. Memang jelas tertulis di kartu garansinya bahwa ‘garansi tidak berlaku apabila ditemukan indikasi adanya cairan di dalam handset’. Tapi bukankah ini berarti pembeli dirugikan?? mana tahu asal muasal air itu darimana? embun? itu kondisi alam dan kita gak bisa berbuat apa2 thd hal itu. justru malah seharusnya produsen barang yg menjamin bahwa produk yg dijualnya itu sudah layak pakai dan tidak bermasalah di lingkungan Indonesia. Komplen gw difasilitasi oleh seorang rekan blogger kondang, Edo Rusyanto, dengan menjembatani ke nokia Indonesia. Dan untungnya dikarenakan satu dan lain hal, komplen gw ditanggapi dan handset bisa diservis.

Selang seminggu handset selesai servis, ternyata dilakukan penggantian mesin dan handset bisa kembali normal.
Masalah selesai? ternyata belum! Selang seminggu kemudian berulah lagi. Display berembun. Sudah bisa dipastikan didalamnya akan ada bercak cairan. Komplen lagi ke nokia? jgn harap. karena setelah dilakukan penggantian mesin, otomatis garansi gugur. Terpaksa dibongkar dan walah .. percikan air ada di beberapa bagian dalam mesin. entah apa penyebabnya. Gw keringin dan jemur itu parts. Begitu dipasang, bisa nyala, tapi LAYARNYA BERGARIS GARIS dan ada bercak di LCD! apa lagiiii ini… tapi gapapalah. masih bisa kebaca, yg penting mesin masih berfungsi.

3 minggu berlalu, tadi pagi nih, gw mau nyalain, ternyata berembun lagi! padahal malemnya masih berfungsi dan belum dicas. Akhirnya gw bongkar lagi. dan memang keringetan lagi tuh Lumia didalem mesinnya. tobat deh. Anehnya, kl sebelumnya handset selalu panas kl lg bermasalah, kali ini dingin kayak udara pagi di puncak! ini hape kesurupan apaaa lagi….  Setelah dikeringin dan dibersihin, kl sebelumnya maih nyala, kali ini nggak ada reaksi sama sekali. mulai dari pencet tombol on sekali, sampai berkali kali…mulai dari dipegang sampe dikocok kocok (halah!) tetep gan nyala juga. Stres gak tuh?? Jadi kembali ke kondisi matot pertama.

Ya sudah, bawa ke bengkel service hp cukup kondang di Beji… setelah dicek, abangnya bilang: udah gak bisa diapa2in om… mati semuanya. musti ganti mesin. Gubrakk!!!

Haduuh…kalo lagi gak buru2 gw kubur juga tuh hape! skalian taburin kembang!

Marah? iyalah! karena ternyata Nokia Lumatiaja  ini bener2 ringkih dan gak ada pemberitahuan ttg cara menangani handset ini supaya terhindar dari kondisi2 masalah diatas. Mau berkelit bahwa “hp merk lain juga gak punya pemberitahuan cara penanganan handset kok?” memang! tapi bbrp kali punya hp gak pernah bermasalah seperti ini, artinya, QC mereka bagus dan Nokia payah! Gak semuanya memang, tapi cacat produk 1 dari sekan banyak yg berimbas kepada kerugian pembeli seharusnya bisa difasilitasi oleh Nokia. Bukan malah gak mau tahu berkelit dibalik yg tertulis di kartu garansi, pdhl kl dicermati, yg tertulis disitu merugikan konsumen dan mengamankan produsen. Gak pernah baca kartu garansi kan?  karena tulisannya kecil2 dan banyak! bikin sakit mata,.! coba deh baca biar tahu ada hal yg merugikan nggak.

Gw sih terima kasih kepada nokia Indonesia sdh difasilitasi untuk service masalah pertama, tp kejadian berikutnya dfimana masaslah tsb terjadi lagi, benar2 bikin gw patah arang sama produk ini.  kl patahan arangnya masih bisa dipatahin, gw patahin lagi deh!

Gw bukannya menghasut, tapi beberkan fakta. Mereka yg gak sependapat dan lumia 620 nya berfungsi normal gak ada masalah, ya beruntunglah anda. asal jagain aja jgn sampai berada dilingkungan yg rawan kondensasi. drpada kuciwa alaihum gambreng kayak gw.

Jad sekarang diapain handsetnya?
tuh, gw masukin lagi ke dusnya. trus dilelang 350 ribu nego di tokobagus. kali aja ada yg iseng mau beli.
kl gak ada yg beli, ya gw jadiin pajangan aja sbg monumen bahwa ini henpon paling manja dan bermasalah yg pernah gw beli!

(nx)

25 thoughts on “Nyesel Beli Lumia!

  1. Sebnernya bukan hp nya yang salah gan, saya pun pake lumia 620 tapi gak ada tuh masalah kaya gitu, paling casing panas gara2 dipake terus2an atau kena air dsb. kaca berembun juga itu akibat tangan basah

    1. Anda beruntung. Saya yang memang lagi apes kayaknya dapet NL kualitas jelek gitu. Casing panas sih biasa di HP. Kaca berembun akibat tangan basah gak pernah saya alamin. Apalagi ada bercak air di mesinnya. Ya kecuali si NL ini aja..

      1. Pengalaman saya juga tidak beda jauh dari anda. Baru beli 1 minggu uda minta digaransi, balik garansi kondisi masih sama. Aduh… mau complain lagi kesiapa?…..males juga ngurusnya. Maunya sih menjadi pembeli yang bejo…..awet tidak manja. Hem, gimana nih nokia… hak konsumen ?????

      2. Intinya apapun yang terjadi dengan HP kita kalau mau claim pasti yang diserang konsumen duluan dengan alasan “kelalaian pemakaian”.
        Apapun alasan dan cerita yang anda sampaikan. Sy pake hp selain nokia selama ini aman tentram bertahun2. Kali ini aja apes pake lumia. cukup sudah 🙂

  2. mungkin, tanpa agan sadari, HP agan terpercik air atau gimana gan, kan gak mungkin tiba2 berembun? kalau memang dari sana nya kemasukan air pasti langsung ketahuan saja di coba di toko nya gan….

    mungkin teman atau adik atau siapalah yg pernah pegang HP agan kemudian terpercik keair tapi gak ngaku,,,,

    🙂

    1. Hahaha…Kl karena kesalahan sendiri, saya pasti gak bakal protes. Ini saya beli sendiri, pake sendiri, 110% yakin pemakaian normal tanpa salah mengingat saya bukan orang yang baru sekali dua kali pake HP, tapi memang begitu adanya kualitas NL yg saya dapetin.. Apes.

  3. Bisa menghubungi nokia indonesia nya gimana ya gan? Saya juga udah desperate ini baru punya lumia 925, terus selalu ga dapet sinyal. Udah 4x ganti simcard tetep aja bermasalah. Telpon nokia care center untuk klaim garansi katanya harus ada nota pembelian. Sedangkan yang saya pegang hanya kartu garansi. Terus fungsi kartu garansi apa dong kalo gabisa klaim pakai itu… T_T

    1. Langsung ke Nokia Indonesia nya aja gan. kalo gak salah di wisma mulia, gatsu. dulu juga sy kesana klaimnya.
      Prosedur umum claim memang gitu. Kartu garansi yang dicap toko tempat beli dan struk pembeliannya. Berarti yang dapet HP dari hadiah gak bakalan bisa claim tuh. Payah emang.

  4. Hpnya udah laku blm tuh gan? Kalo belom sy mau beli.
    Saya jg ada bbrp masalah nih gan. Masa sy pake lumia 620 white, tp masa iya casingnya karena dipegang berubah jd kuning?? Udah sy coba bersihin pake alcohol buat luka, pembersih lcd, pasta gigi (saran dari orang group), minyak kayu putih, dan lotion nyamuk (padahal meja komputer besi saya ampe mengelupas kena lotion) tp masa iya casingnya ttp ada kuning2nya gitu. Dan jg daleman casing belakang ky ada debu nempel, dan ada debu masuk ke dalam layarnya jg. Dan masih bingung kok bisa masuk gitu. Fungsi hp sy jg masih normal sampe update Cyan meskipun battery saver aga rada2 error abis jatoh hpnya.

  5. punya saya l520 kecemplung bak isi air gak pa2 tuh, .trus pernah jatuh waktu naik motor morat marit berantakan sampek sekarang masih normal2 aja tuh, .

  6. Hpnya udah laku blm tuh gan? Kalo belom sy
    mau beli.
    Saya jg ada bbrp masalah nih gan. Masa sy
    pake lumia 620 white, tp masa iya casingnya
    karena dipegang berubah jd kuning?? Udah sy
    coba bersihin pake alcohol buat luka, pembersih lcd, pasta gigi (saran dari orang
    group), minyak kayu putih, dan lotion nyamuk
    (padahal meja komputer besi saya ampe
    mengelupas kena lotion) tp masa iya casingnya
    ttp ada kuning2nya gitu. Dan jg daleman
    casing belakang ky ada debu nempel, dan ada debu masuk ke dalam layarnya jg. Dan masih
    bingung kok bisa masuk gitu. Fungsi hp sy jg
    masih normal sampe update Cyan meskipun
    battery saver aga rada2.

  7. saya juga benar-benar nyesel gan pake lumia, udah aplikasi BBM lemot, buka aplikasi lama trus banyak aplikasi kadang close sendiri. Gue ngarep banget perwakilan dari lumia daten ke rumah gue dan gue tunjukin beberapa hal yang menjengkelkan, udah dijual lagi ga da yang mau beli, sial !!!!!!!! I HATE LUMIA

  8. Punya saya Nokia lumia 520 sering d bawah ke puncak daerah yang memiliki kelembaban yg tinggi tapi tdak ad tuh sampai berembun atau masuk percikan air. Trus sering jatuh jg sampai lepas kesing dan baterainya. Tpi sampai sekrang masi ga ap2,

    1. Mestinya ya semua HP kelas dunia seperti itu. Anda beruntung dapet yang kualitas bagus…mungkin sy aja yang apes dapet produk yang cacat..hehe.

  9. HP lumia 620 punya saya juga di bulan ketiga tombol kameranya tidak berfungsi terus setahun kemudian tombol powernya yang rusak dan sebulan kemudian hp ga bisa nyala samas sekali.

Leave a Reply

