Menjadi Penumpang Pesawat Yang Cerdas

Banyak seliweran di media online dan internet baik tulisan maupun video tentang penumpang pesawat ngamuk-ngamuk karena gagal berangkat ketinggalan pesawat. Siapa yang salah? Yang pasti penumpang gak mau disalahin, kan? Yang sering ke bandara pasti pernah lihat pemandangan petugas penerbangan dimaki-maki penumpang tanpa bisa membalas makian (ya iyalah mana boleh bales maki ke penumpang :p).

Sebenernya hal itu gak perlu terjadi bila penumpang mau “rajin” sedikit membaca tulisan-tulisan di dokumen perjalanannya, mulai dari pemesanan tiket, khususnya tiket promo karena ada syarat dan ketentuan yang berlaku tidak seperti tiket normal, waktu check-in di bandara sampai boarding pesawat.

Berikut hal-hal yang mesti diperhatikan penumpang pesawat:

  1. Tiket promo memang murah, tapi memiliki banyak syarat dan ketentuan. Misalnya, tidak bisa di refund, tidak bisa reschedule, tidak bisa reroute, dan lain-lain. Jadi kalau pengguna tiket promo tidak bisa hadir pada jam dan hari keberangkatan sesuai yang tertera di tiket, wassalam. Hangus. Beda dengan tiket full fare (harga normal) yang bisa dilakukan beberapa hal diatas, itupun ada catatannya, misal harus dilakukan beberapa hari sebelum jadwal keberangkatan. Biasanya modifikasi jadwal keberangkatan bisa dilakukan di maskapai penerbangan premium, bukan low cost carrier. Jadi, baca baik-baik persyaratan tiket yang akan anda beli. BE SMART.
  2. Check-In Time, ini yang sering disepelekan oleh banyak penumpang, entah karena kebiasaan atau karena gak pernah mau baca. Di setiap tiket pasti ada tulisan instruksi untuk berada di bandara beberapa jam sebelum keberangkatan, dan kapan waktu untuk check-in yang diperkenankan (silahkan cari, jangan males). Check-in counter biasanya buka 2 jam sebelum keberangkatan dan ditutup 45 menit sebelum keberangkatan. Jadi yang harus diperhatikan penumpang adalah waktu check-in nya, jangan sampai melewati waktu yang telah ditentukan. Kenapa harus 45 menit? karena ada proses-proses operasional lainnya yang harus update dan diselesaikan terkait penumpang dan barang yang akan naik pesawat. Bila data masih berubah-ubah menjelang keberangkatan maka akan mempengaruhi proses pembuatan dokumen operasional yang bisa berakibat keterlambatan keberangkatan pesawat.  Banyak penumpang yang datang setelah check-in counter tutup dan ngotot untuk bisa naik ke pesawat. Bayangkan bila semua dokumen operasional telah final dan printed, diserahkan ke Captain, diinput data ke pesawat, lalu ada perubahan penambahan penumpang. Ribet lagi, kan? Jadi manage waktu anda dengan membaca instruksi  yang ada di tiket. Lebih baik datang awal 2 jam daripada terlambat 1 menit. BE SMART.
  3. Boarding Time, setelah check-in dan menerima boarding pass, masih ada 1 hal lagi yang wajib diperhatikan oleh penumpang terkait waktu: Boarding time. Lihat dengan teliti boarding pass Anda, pasti ada tulisan kapan proses boarding akan dilaksanakan. Biasanya saat petugas check-in counter menyerahkan boarding pass ke penumpang akan dijelaskan juga tentang kapan boarding time, boarding gate berapa untuk penerbangan anda dan konfirmasi nomor tempat duduk di pesawat. Dengarkan dengan seksama, dan pastikan anda mengerti. Di boarding pass juga biasanya ada tulisan “penumpang harus berada di boarding gate 30 menit sebelum boarding”. Jadi untuk proses ini petugas dan maskapai telah berkali-kali memastikan untuk tertib waktu kepada penumpang. Tanya kepastian keberangkatan kepada petugas. Jangan berasumsi pesawat pasti delay lalu Anda tidak berada di boarding gate sesuai waktu yang diinstruksikan. Kalaupun ada delay biasanya akan diinformasikan oleh petugas berapa lama. Meskipun demikian, sebaiknya memang penumpang tidak jauh-jauh dari boarding gate yang sudah ditentukan supaya mudah mendapatkan informasi keberangkatan dan tidak membuat potensi keberangkatan tertunda karena petugas masih mencari penumpang yang tidak kunjung boarding. BE SMART.

Di beberapa bandara nasional sudah mulai diberlakukan penghapusan departure announcement karena pertimbangan kenyamanan penumpang di bandara. Jadi, kita sendiri yang harus cerdas untuk memastikan semua waktu yang ditentukan untuk keberangkatan telah kita penuhi, dan itu sudah tertulis jelas dalam setiap dokumen perjalanan Anda.

Semoga Anda menjadi penumpang yang cerdas.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s